Lebih Bagus, Cepat dan Ekonomis

 Pemilik rumah di daerah Alam Sutra Jakarta menginginkan kualitas bangunan yang baik sebagai rumah impian masa depan keluarga dan mereka memastikannya dengan mengambil kontraktor dengan mandor serta Tukang yang melakukan pekerjaan ini dengan baik. Pertama-tama mereka menggunakan Acian Semen tradisional dan memiliki masalah yang sudah biasa terjadi yaitu retak dan pecah sehingga mereka memutuskan untuk mencoba TR30 Acian Putih.

Setelah mendapat pelatihan teknis dari Teknisi Tiga Roda, Mandor dan Tukang mengikuti aplikasi seperti yang direkomendasikan. Hasilnya menjadi salah satu aplikasi terbaik yang pernah saya lihat.

“TR30 Acian Putih Solusi Berkualitas”


Berikut adalah beberapa poin penting dari kontraktor yang harus diikuti untuk memastikan mendapat hasil terbaik:

1.Proyek dapat menggunakan bata ringan atau bata merah presisi untuk mendapat hasil yang baik.
2. Saluran listrik, air dan A/C pipa dipasang terlebih dahulu masuk di dinding bata dan diberikan kawat pengikat lalu diisi dengan bahan plester setelah itu dibiarkan kering selama 2 minggu.

3. Kolom beton diplester menggunakan bonding agent latek ( calbond ) untuk membantu ikatan dan elastis.
4. Plester diaplikasikan rata dan dengan tepi yang tajam tidak pecah pada tepinya. Hal ini menghasilkan kualitas Acian Putih yang baik, tajam dan keras di sudut. Setiap penyusutan retak atau lubang di plester diisi sebelumnya menggunakan TR30.

5. Plester dibiarkan kering selama lebih dari 1 bulan sebelum pekerjaan acian (kami sarankan minimal 2 minggu). Pengujian kami menunjukkan bahwa kadar air plester mereka lebih rendah  dari 15% dari yang direkomendasikan.

6. Lantai dasar dikerjakan terlebih dahulu sebelum aplikasi Acian, hal ini untuk membuat acian  tetap bersih dan terjaga dari resiko kerusakan. Dinding dipersiapkan juga untuk aplikasi keramik yang akan dikerjakan  setelah aplikasi acian.
7. Pastikan atap sudah terpasang.
8. Pastikan rangka Plafon sudah terpasang.
9. Dinding luar sudah selesai Plester.

10. Pengerjaan acian mulai dari lantai sampai plafon selesai dalam satu aplikasi untuk menghindari sambungan.
11. Dinding dibasahi sebelum aplikasi, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.
12. TR30 Acian Putih diaplikasikan dengan ketebalan 1.5mm menggunakan roskam besi. Sudutan dibentuk dengan menggunakan besi persegi empat yang menempel pada  ujung tepi yang berfungsi sebagai bekisting.
13. Setelah 30 menit TR30 sudah siap untuk digosok menggunakan styrofoam atau karet keras halus.
14. Kontraktor memastikan bahwa Acian tidak mengering terlalu cepat dan akan disiapkan penutup  untuk melindungi aplikasi apabila diperlukan.
15.Proyek menambahkan 2% latek bonding agen pada  TR30 untuk aplikasi dinding luar yang terkena langsung cuaca. Hal ini berfungsi untuk menambah kekuatan ikatan, fleksibilitas dan tahan air yang lebih baik.
16. Mereka juga telah menambahkan 2% latek bonding agen pada TR30 untuk aplikasi langsung pada  beton.
Kontraktor dan pemilik sangat senang dengan hasil dan aplikasi yang jauh lebih cepat daripada pengacian menggunakan semen tradisional, dengan Tim (2 tukang & 1 kenek ) dapat mencapai 18m2 per sak dan dapat menghabiskan 3 sak per hari atau (54m2 per hari).
Acian adalah salah satu pengerjaan finishing, begitu pula TR30 merupakan produk finishing yang mempunyai keunggulan bisa dicat setelah 5 hari, jadi akan lebih baik untuk pengerjaannya apabila dinding, lantai dan atap sudah terpasang dan dipersiapkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 
Persiapan dan penanganan yang baik dari kontraktor dalam proyek ini di daerah Alam Sutra dapat menunjukkan hasil kualitas maksimal  yang dapat dicapai dengan menggunakan TR30 dengan biaya yang lebih murah  dari pada semen acian tradisional.
Persiapan yang baik, tukang yang terlatih dan produk yang baik seperti TR30, akan mendapatkan hasil kualitas yang sangat baik dengan biaya yang lebih murah.

Diterbitkan oleh michaelbacon

Spesialis Mortar dan Bangunan di Indonesia. Bekerja dengan produk mortar dari Tiga Roda dan aditif dari Mortarplus

Tinggalkan komentar