Tiga Roda Mortar Ramah Lingkungan

Produk mortar terbaru dari Indocement untuk melengkapi mortar TR-30 Acian Putih yang sebelumnya telah sukses dipasaran, dalam hal aplikasi dinding. Sekarang kontraktor lebih yakin lagi dengan mortar berkualitas tinggi dari Tiga Roda untuk aplikasi dinding Bata Merah, Bata Ringan, Sistem Panel dan Blok Beton.

TR-10 Mortar Sebaguna adalah campuran Semen Tiga Roda, Pasir Limestone < 2,0 mm dan aditif kimia khusus. 

  • Formula khusus untuk aplikasi Pasangan Bata Merah, Plester Bata Merah, Bata Ringan, Perata Lantai dan Pasangan keramik tebal (area dalam )
  • Ketebalan Aplikasi  8mm-15mm.
  • Aplikasi bisa manual dan mesin spray.
  • Daya sebar satu sak 40kg – Pasangan Bata Merah 10mm 1.4m2, Plester dan Perata Lantai 10mm 2.1m2

TR-15 Thinbed atau Perekat Bata Ringan adalah campuran Semen Tiga Roda, Pasir Limestone halus <0.6mm dan aditif kimia khusus. 

  • Formula khusus untuk aplikasi Pasangan Bata Ringan.
  • Aplikasi lebih baik dengan roskam bergerigi atau tetap bisa dengan sendok semen. 
  • Ketebalan aplikasi 2mm-3mm.
  • Daya sebar satu sak 40kg – Pasangan 3mm ukuran 7.5cm 16m2, ukuran 10cm 10m2

TR-20 Plester Plus adalah campuran Semen Tiga Roda, Pasir Limestone <2.0mm dan aditif kimia khusus. 

  • Formula khusus untuk aplikasi Plester Bata Ringan. Hasil kualitas lebih  tinggi untuk Pasangan Bata Merah, Plester Bata Merah, Perata Lantai dan Pasangan keramik tebal.
  • Aplikasi 8mm-15mm.
  • Daya sebar satu sak 40kg plester bata ringan 10mm 2.1m2, plester 8mm 2.6 m2  

Mortar Acian nomor satu di Indonesia dari Tiga Roda sangat diminati dan telah diproduksi selama 12 tahun lebih. TR-30 Acian Putih adalah campuran Semen Putih Tiga Roda, Kapur Putih dan aditif kimia khusus. 

  • Formula untuk aplikasi acian atas plester atau beton (tambahkan obat perekat seperti MP-40 atau MP-48 dari Mortarplus diatas beton). 
  • Aplikasi 1mm-3mm.
  • Daya sebar satu sak 40kg acian 2mm 20m2.

Ramah Lingkungan

Tiga Road M-Sand Plant

Ketiga mortar baru tersebut dibuat memakai “Manufactured Sand” (M-Sand) yang diproduksi di tambang batu kapur Indocement dengan menggunakan bahan baku berkualitas tinggi. Proses pembuatan batu menjadi bentuk dan ukuran sempurna yang dibutuhkan untuk mortar berkualitas baik sesuai dengan SNI 03-6820.

M-Pasir dari batu kapur adalah pasir yang paling umum digunakan di Eropa dan banyak wilayah Asia karena efek berbahaya terhadap lingkungan yang disebabkan oleh penambangan pasir alami. Indocement adalah yang pertama di Indonesia yang memproduksi M-Sand dengan proses yang ramah lingkungan.

Hasilnya tidak hanya ramah lingkungan tetapi M-Sand adalah pasir berkualitas tinggi tanpa tanah liat dan pengotor organik yang ditemukan di pasir alami.

Menggunakan mortar sangat baik untuk lingkungan, karena kualitasnya lebih baik dan tahan lebih lama daripada aplikasi berbasis semen tradisional. Ini memiliki kekuatan ikatan yang lebih tinggi, tahan retak dan dapat diaplikasikan lebih tipis.

Ketebalan AplikasiTraditional Mortar
Pasangan Bata20-25mm10-15mm
Plaster20-25mm10-15mm
Acian4-5mm1-3mm
Lem Keramik25-30mm3-5mm

Aditif Berkualitas Tinggi

Tiga Roda Mortar menggunakan aditif berkualitas tinggi dalam formula yang dikembangkan dengan cermat untuk memastikan kinerja maksimum dari setiap aplikasi.

Aditif memberikan banyak keunggulan dan manfaat terhadap campuran semen dan pasir, diantaranya:

  • Pencampuran lebih mudah dan waktu yang lebih lama dapat digunakan di ember sebelum pengerasan
  • Lebih sedikit bahan yang terbuang
  • Aplikasi yang lebih halus dan permukaan yang lebih rata
  • Mengurangi pemakaian air untuk meningkatkan kekuatan
  • Hidrasi semen yang lebih tinggi untuk kekuatan yang lebih tinggi 
  • Mengurangi risiko retak
  • Kekuatan ikatan yang lebih tinggi
  • Aplikasi yang lebih tipis
  • Aplikasi lebih cepat
  • Aplikasi yang lebih mudah
  • Mengurangi biaya perawatan di masa depan.

Menggunakan produk Mortar Tiga Roda akan menjadikan kualitas bangunan yang lebih baik dan tahan lama serta memiliki nilai yang lebih tinggi bagi pemiliknya.

Bata Ringan AAC – Autoclaved Aerated Concrete

SEJARAH

Bata Ringan pertama kali berasal dari Swedia (1923) kemudian dikembangkan oleh Joseph Hebel (1943) merupakan produk inovasi baru,apabila dibandingkan dengan teknologi bata merah (7,000 SM ). Awalnya pembuatan bata ini bertujuan mengurangi penggundulan hutan, melalui pengembangan lanjutan hasilnya, beton ringan aerasi ini dianggap sempurna, menjadi material bangunan yang ramah lingkungan, kuat, tahan lama, mudah dibentuk, efisien, dan berdaya guna tinggi.

Proses Pembuatan

Produk ini umumnya digunakan oleh pabrikan dengan investasi yang besar. Bahan baku yang digunakan adalah Semen, Pasir kwarsa , CaO (Kapur bakar), Aluminium pasta (Al) sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi).

Semua bahan baku dicampur sempurna, setelah itu akan mengembang selama 7-8 jam. Alumunium pasta yang digunakan dalam adonan tadi, selain berfungsi sebagai pengembang ia berperan dalam mempengaruhi kekerasan bata. Volume aluminium pasta ini berkisar 5-8 persen dari adonan yang dibuat, tergantung kepadatan yang diinginkan. Adonan beton aerasi ini lantas dipotong sesuai ukuran dengan kawat dan dimasukkan Autoclave Chamber 

Setelah proses autoclave bata masih mengandung air sebanyak 25%, sebaiknya disimpan sampai 3-4 hari, agar kekuatannya sempurna karena penyusutan mulai terjadi pada saat proses pengeringan,apabila pengiriman dipaksakan persentase pecah dan susut akan lebih besar.

Bata Ringan tersedia dengan ukuran 600mmx200mm dengan tebal 75mm dan tebal 100mm, bentuk yang lain adalah berbentuk panel dengan ukuran 600mmx3000mm dengan ada rangkaian besi didalamnya.

Lubang-lubang kecil yang terbentuk pada bata  membuat bata menjadi ringan, mudah untuk aplikasikan, dipotong, menjadi 2 dengan gergaji atau bantuan palu karet seperti terlihat pada video ini:

https://youtu.be/RrgX69eCTSA

 

Keunggulan Bata Ringan

  • Tahan panas (thermal insulation)
  • Memiliki peredaman suara yang baik
  • Lebih akurat
  • Tahan api (fire resistant)
  • Lebih ringan dari bata biasa
  • Transportasi mudah karena ringan
  • Pengerjaan lebih cepat dan effisien
  • Mengurangi kebutuhan bekisting (formwork) dan perancah (scaffolding)

Aplikasi

Permukaan bata ringan banyak terlihat lubang-lubang kecil terlihat porous, kering, sehingga air akan mudah masuk dan menyerap di dalam bata. Karena hal tersebut butuh material khusus untuk aplikasi diatas agar hasilnya bisa maksimal

Air Masuk

 

Perekat bata ringan / thinbed 

Aplikasi dengan sekop bergerigi atau sendok semen dengan ketebalan 2- 4 mm. Campuran semen-pasir konvensional tidak disarankan sebagai pengganti perekat, karena hasil ikatan nya akan lemah dan mudah lepas. Perlu tambahan aditif semen MP-20 apabila ingin menggunakan semen-pasir konvensional.

 

Plaster – Aci

Sebelum pengerjaan plaster bata harus disiram sebelumnya  dengan air secukupnya, setelah itu bata dikamprot/didasari terlebih dahulu dengan adukan sebelum pengerjaan plaster.

Kerjakan terlebih dahulu bagian luar untuk mencegah penyerapan air dari luar secara berlebih,hal ini untuk mencegah retak dan susut serta timbulnya jamur dikemudian hari.

Bahan konvensional akan ada resiko lepas dan retak, sebaiknya menggunakan plaster mortar atau menambahkan aditif MP-20 Obat Semen untuk menambahkan kekuatan dan ikatan.

 

Penyimpanan

Jangan simpan bata langsung bersentuhan dengan tanah serta tutup/lindungi bata dari hujan untuk mencegah penyerapan air berlebih, kelembaban tinggi dikarenakan hujan.

 

Tips

  1. Lindungi bata dari kelembaban tinggi atau penyerapan air berlebih.
  2. Pada Kondisi kering dan panas, basahi bata dengan air secukupnya sebelum mulai aplikasi.
  3. Pasangan bata sebaiknya diikat/ diangkur ke kolom structural atau kolom praktis setiap 600 mm menggunakan besi sesuai dengan regulasi gempa pemasangan bata.
  4. Bagian atas pemasangan dinding dibawah balok jarak 10-15mm sebaiknya ditambahkan bahan yang lebih lunak seperti Styrofoam/plaster kekuatan rendah untuk  defleksi balok, mencegah retak diagonal pada dinding dan plaster.

  5. Aplikasi acian 2-3 mm langsung diatas bata ringan tidak disarankan, perbedaan penyerapan antara thinbed dan sambungan bata ringan akan meyebabkan susut serta retak sepanjang itu.
  6. Gunakan produk render (plester finish) 5 – 8 mm yang mengandung pasir halus dan aditif semen didalamnya untuk pengerjaan lebih cepat.
  7. Sambungan dengan beton pergunakan mesh /kawat ayam dan tambahan aditif bonding agent atau obat perekat seperti Mortarplus MP-40 /MP-48 Obat Perekat.

“ Bata ringan solusi alternatif terbaik untuk dinding yang mempunyai hasil dan perlakuan aplikasi berbeda dari bata biasa “

 

Cat Terbaik – TR-30 Acian Putih

TR-30 Acian Putih tidak perlu plamir, primer, sealer atau cat dasar.
TR-30 siap langsung cat akhir
Sebagai besar bahan baku TR-30 Acian Putih mirip dengan bahan baku cat akrilik diantaranya adalah kalsium karbonat,aditif dan polymer.
TR-30 tidak memerlukan sealer atau alkali sealer 
Cat Sealer diperlukan apabila pada permukaan aciannya mengandung bahan yang dapat merusak cat seperti alkali tinggi yang berasal dari acian semen biasa atau beton. TR-30 tidak ada masalah dengan hal tersebut.
TR-30 tidak memerlukan cat primer
Permukaan acian TR-30 sudah halus dan sedikit agak poros yang akan memudahkan cat mudah mengikat pada acian. Material seperti acian semen biasa atau beton membutuhkan cat primer untuk bantu pengikatan.
Cat  Berkualitas
Banyak pilihan dipasar cat yang berkualitas, umumnya kualitas tinggi harganya lebih mahal dan lebih tahan lama. Cat murah menggunakan kualitas latek yang rendah (PVAc) kemudian ditambahkan lagi air yang banyak dilapangan, sehingga membutuhkan beberapa lapisan untuk mendapatkan hasil yang baik.
Kualitas baik untuk cat internal adalah jenis styrene akrilik. 
Untuk kondisi luar lebih baik menggunakan cat 100% akrilik yang lebih tahan UV dan tahan polusi, seharusnya dapat tahan selama 5 tahun dengan kondisi cuaca di Indonesia.
Aplikasi Cat
TR-30 Acian Putih dapat dicat minimum 5 hari kering sempurna atau lebih lama pada musim hujan
Gunakan solatif kertas untuk menutupi colokan listrik, ujung tepi jendela rangka pintu. Bersihkan dinding dengan lap untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel di dinding. Lapisi ujug tepi lantai dengan kain untuk melindungi lantai dari tetesan air. 
Tambahkan maksimal 10% air bersih pada cat untuk lapisan pertama. Hal ini dapat membantu cat masuk kedalam pori-pori TR-30 Acian Putih
Cat semua tepi dinding dengan kuas dan bidang dinding luasnya menggunakan roller bersih yang berkualitas baik.
Biarkan cat beberapa saat sampai mengering kemudian tambahkan lapisan kedua tanpa ditambahkan air. Khusus untuk kondisi luar tambahkan sampai tiga lapis karena cuaca diluar ( panas dan hujan tinggi )

Acian Terbaik – TR-30 Acian Putih

Mayoritas acian di Indonesia menggunakan semen saja, yang mana hasil akhirnya terlalu keras, kaku dan tidak tahan lama.  Acian semen mudah untuk retak dan lepas serta hasilnya tidak halus.
Persyaratan pengacian
Acian Semen
Acian merupakan lapisan akhir dari plaster untuk dinding dan seharusnya bisa lebih fleksibel dan tahan terhadap pergerakan normal bangunan. Pergerakan yang disebabkan oleh gempa bumi skala rendah, penurunan fondasi, pemuaian balok, perubahan suhu dan pembebanan langsung pada struktur.
Semen Acian terlalu kaku untuk menahan gerakan dan tekanan di dalam dinding, karena tebal aplikasinya bisa 3-5mm sehingga mudah retak dan lepas apabila ada pergerakan bangunan.
Semen Acian mengering terlalu cepat dan membutuhkan banyak air dalam proses aplikasi. Acian biasanya diaplikasikan pada plester di area kecil 1,2m x 1,2m sehingga  banyak sambungan tidak rata di antara sambungan aplikasinya.
Acian juga harus menjadi dasar yang baik untuk aplikasi cat. Semen Acian yang terlalu padat akan sulit untuk diikat dengan cat sehingga membutuhkan lapisan “Plamir” dan “Cat Dasar”. Lapisan tersebut memudahkan  cat untuk mengikat dengan semen dan juga bertindak sebagai lapisan untuk melindungi cat dari serangan alkali.
Acian Terbaik
 
Satu Dinding Sekaligus
Indocement mengembangkan solusi ideal untuk acian pada tahun 2009 dan sekarang merupakan mortar paling populer yang digunakan untuk Acian. TR-30 Acian Putih membereskan semua permasalahan pada Acian semen.
· TR-30 fleksibel dapat mengikuti  pergerakan bangunan normal tanpa retak.
· TR-30 mengikat kuat pada plester dan tidak akan mudah lepas.
· TR-30 mudah diaplikasi dengan bidang  dinding yang lebih besar tanpa ada sambungan.
· TR-30 pengerjaannya 2-3 kali lebih cepat dibandingkan dengan semen acian.
· TR-30 rendah kadar Alkali dan tidak melukai  kulit tukang pada saat aplikasi.
· TR-30 mengikat sangat kuat dengan cat dan tidak perlu “Plamir” atau “Cat Dasar”.
“Hasil Bagus Sekali dan Tahan Lama”
 
 
Lebih Cepat
Lebih Baik 
Lebih Murah
 
 
 
 
 

Renovasi Dinding – TR-30 Acian Putih

Sebelum mengecat ulang rumah sebaiknya acian diperbaiki terlebih dahulu acian yang lepas atau retak. Lakukan sebaik-baiknya agar bisa tahan lebih lama, jangan hanya diisi menggunakan semen saja yang mungkin bisa bertahan hanya 6 bulan saja.

Perbaiki Retak
Retak rambut bisa diperbaiki dengan mencampurkan TR-30 dengan Bonding Agent berbahan dasar acrylic (Bonding agent dilarutkan 1:1 dengan air). Kondisi adukan tidak terlalu encer atau kental kira2 seperti adukan cat. Gunakan roskam besi atau plastik untuk aplikasi tipis seperti plamir diatas acian yang retak. Setelah 1 hari acian bisa diamplas sampai halus dengan uk 300 sebelum dicat kembali.
 
Retak yang lebih besar dari retak rambut, celah retakannya harus dibuka terlebih dahulu uk lebarnya 2mm-3mm dengan kedalaman 3mm. Buat adukan TR-30 dengan Bonding Agent lebih kental dari adukan diatas, lebih kental dari adukan cat. kuas terlebih dahulu celah retakan menggunakan larutan Bonding agent 1:1 dengan air, setelah itu masukkan campuran diatas kedalam celah, setelah 1 hari acian bisa diamplas sampai halus dengan uk 300 sebelum dicat kembali.
 
Perbaikan Acian
Cek kekuatan acian pada plaster dengan cara mengetuk2 dinding yang terindikasi lepas dengan koin dan dengarkan suaranya terdengar kosong atau penuh. Apabila terdengar kosong acian harus dikelupas terlebih dahulu setelah itu, aplikasikan campuran TR-30 dengan Bonding Agent berbahan dasar acrylic (Bonding agent dilarutkan 1:1 dengan air) sampai rata, gosok atau ratakan dengan blok styrofoam/karet.
Plamir
TR-30 Acian Putih dapat digunakan sebagai plamir diatas acian lama (kondisinya masih bagus /tidak lepas) dengan ditambahkan bonding agent atau lem putih (PVAc) untuk didalam rumah, aplikasi bisa menggunakan roskam besi atau plastik.

Lihat Video Perbaiki Retak